Rabu, 26 Maret 2014

MACAM -MACAM PROBLEM MESIN pada mesin digital Printing Outdoor-indoor


MACAM -MACAM PROBLEM MESIN Macam-Macam Masalah yang sering timbul pada mesin digital Printing Outdoor anda diantaranya :   Saat nya Para pemilik mesin harus bisa menjadi teknisi sendiri, agar anda tidak terlalu menggantungkan problem mesin pada teknisi. Standarnya harus bisa pengoperasian dan perawatan.
" Indahnya berbagi dalam kebaikan "      Allhamdulillah, senang rasanya hidup ini bisa bermanfaat bagi orang lain.
1. Pada saat cetak berlangsung sering kali bergantian warna yang hilang, sehingga membuat hasil cetakan jadi jelek dan penuh garis-garis. Hal ini banyak faktor mulai dari Suhu temperatur ruangan, Voltage head yang kurang tepat, ada kebocoran yang menyebabkan timbulnya buble pada selang, kondisi cariage board yang kurang bagus, Tinta juga pengaruh dari urutan yg paling akhir.

2. Tinta sering lambat memberikan Pasokan tinta pada Sub Ink Tank., Hal ini disebabkan karena kondisi ink pump sdh lemah , akhirnya memperlambat mengisi tinta pada sub ink tank.

3. Pada saat cleaning head, kadang tinta tidak mau keluar atau bahkan keluar terus tdk mau berhenti, Hal ini biasanya disebabkan Solenoid valve nya rusak

4. Sering kali masalah head rusak,       - Buntu permanen : Hal ini biasanya disebabkan karena, rendaman pada head sampai kering,  biasanya kalo sdh buntu sangat sulit untuk dikembalikan semula, penanganya di dorong dan ditarik pakai suntikan, tiap hari head di rendam        - Head Lemah pada saat Cleaning, Hal ini biasanya ditandai pada saat cetak sering kali tidak keluar tinta, atau disebut cloging. Cara penangananya rendam headpada saat mesin berhenti        - Elektronika atau chip head rusak, biasanya ditandai kondisi fisik head dan cleaningnya bagus tapi pada saat dilakukan cetak, hasilnya sangatburuk sekali.  

5. Bahan media pada saat cetak miring kiri atau kanan, cek roller belakang sebagai pemutar bahan harus benar-benar lurung dan seimbang, atau bisa juga karena pinch roller penarik bahan sdh tdk seimbang, ada yg kuat dan lemah

6. Motor head tidak mau jalan, biasanya driver motor atau servo motornya yang bermasalah.

7. mesin selalu menabrak di posisi parkir, karena disebakan microswtch pada home mesin tidak berfungsi.

8. head pada saat akan cetak berjalan tersendat-sendat, hal ini bisa diakibatkan sensor encoder rusak, strip encoder jamuran, long kabel, driver motor, servo motor.

9. ada salah satu ink pump tinta tidak mau menarik tinta, biasanya pelampung ink tank, long kabel, ink board.

10. terdengar alarm pada mesin, hal ini karena disebabkan dapa safety tank nya terisi tinta akibat salah satu pelampung ada yg tdk berfungsi.

11. mesin tidak bisa firing di posisi home, cek printhead voltage, software ink purging, printhead board

12. Jikalau semua kerja ink pump berhenti atau terdengar alarm, maka safety tank terisi tinta, harus di kuras sampai bersih.

13. Fiber optik mempengaruhi kinerja voltage pada head dan data signal pada cariage board, so banyak kendala yg diakibatkan kerusakan pada kabel fiber optik

14. ketika cleaning warna, biasanya tinta terus keluar tidak mau berhenti atau justru tidak mau keluar, itu yg rusak valve atau solenoid.

15. raster encoder sangat pengaruh sekali pada hasil gambar yang menimbulkancorak vertikal

16. jika pada mesin indoor,terjadi salah satu tinta tidak keluar sama sekali dampernya kosong penangananya (matikan mesin)--->(pencet tombol function +remote sambil menyalakan mesin pencet terus sampai keluar tulisan baca media)--->(functions)--->(#test)--->(ink cartridge)--->(cartridge valve)--->(functions)--->(sedot damperyang kosong satu"sampai tintanya full)--->(pasangkan kembali damper)--->(fill up ink)--->(test nozzell)

17. jika pada saat print atau mesin sedang jalan,tiba" voltase berubah" masalahnya adalah pada kabel flexibel yang menghubungkan ke head,jika masih berarti convert ink cardnya.

18. jika main board yang terletak pada atas head tidak nyala kemungkinan kabel yang menghubungkan ke power suply bermasalah atu cobot bisa saja putus

19. jika tombol pada sofware mesin aktif semua (tombol naik turu)penangananya yaitu box (X) dan box  (Y) coba copot kabelnya kemungkinan kendor atu kotor,apabila mesin memakai PC i CARD maka coba bersihin PC i CARD tersebut,jika masih juga coba cek SERVO BOARDnya

20. jika mesin no respons penangananya hampir sama sama poin no 19.

21. jika mesin  nge home tidak pada semestinya,tetapi masih bisa buat print banyak kemungkinan bisa saja dari pita encoder,encoder sensor,yang paling berakibat fatal adalah print head board,penangananya yaitu coba anda bersihkan pita encoder sensornya,terus pada encoder sensornya juga anda bersihkan dengan tisyu yg halus pada bagian sensornya tetapi harus hati" dan pada pemasangan encoder sensornya harus tepat posisinya karena itu yang memungkinkan pada saat print menjadi kacau.

22. pada saat cleaning head,harap di perhatikan saat pemencetan tombol perhatikan durasinya harap jangan terlalu lama,karena bukan ga mungkin hasilnya bukan jadi bagus malah sebaliknya dikarenakan jika pada saat cleaning terlalu lama bisa terjadinya masuknya angin dalam selang tinta itu yang kadang mengakibatkan habis kita cleaning bukanya bagus malah jadi bergaris atau yang fatal malah tinta jadi tidak keluar sama sekali.


   satu hal yang perlu di perhatikan adalah listrik,karena apabila listrik di tempat anda kurang stabil maka bukan tidak mungkin akan membuat mesin anda menjadi cepat rusak misalnya konslet pada mesin,maka saya sarankan sewaktu perakitan,pemasangan mesin yang pertama gunakanlah UPS jangan STABILISER karena UPS sendiri tentu anda tau apa fungsi dari UPS itu, jadi agar listrik anda yang masuk mesin stabil ,dan jangan lupa yang tidak kalah pentingnya yaitu GROUND.

   Dan seterusnya masih banyak lagi jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan pada kolom komentar,insya Alloh saya akan share jawabanya.dan mohon maaf jika jawaban tidak bisa langsung saya balas karena adim kadang sibuk mulung di dunia nyata ahihihihihihihihihihi.salam lemper.....

207 komentar:

  1. mo tanya gan,,kenapa mesin yang ane punya baru jalan dah langsung bergaris,,,lilatan kabel 331 pada main bord besar panas,,mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf br ada blsn,head bergaris dikarenakan banyak faktor,yaitu dari suhu ruangan,voltase mesin yang kurang pas,atau dari kondisi headnya itu sendiri(dikarenakan "mohon maaf"dari cara perawatan yang kurang baik).kalau untuk soal kabel,dari listrik sendiri sudah stabil apa belum masih sering mati" apa tidak ,terus dari pemasangan groun itu sendiri sudah betul apa belum ,demikian saran dari saya moga bermanfaat,mohon maaf jika balasan telat

      Hapus
    2. cara mengatasi safety tank nya terisi tinta akibat salah satu pelampung ada yg tdk berfungsi ( mohon bantuannya harus bagaimana masalahnya saya belum mengenal hala - hal yang dimaksud baik itu letak dan tempatnya ) terimakasih

      Hapus
    3. Mesin saya pas jalan hbis itu ada tulisan retry knapa ya

      Hapus
    4. Assalamualaikum,napunten mas mau nanyak apabila head yang rusak(buntu dan lama tidak digunakan)di pakai lagi dan diservis kembali,apakah masi bisa di gunakan?kalau bisa cara memperbaikinya bagaimana? trimakasih sebelumnya mas

      Hapus
  2. gimana kalau lampu indikator kedip kedi dan bunyi terus...seperti tuas terbuka...sensor... gimana cara nanganinnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya alarm bunyi bisa dr kebocoran udara,tinta masuk sub airtank / bahkan masuk ke selenoid

      Hapus
    2. Bang klo mesin printing konika kode error 123 itu masalahnya dimna ya??

      Hapus
  3. gan ka;au hasil cetak tangaga kiri kanan penyebabnya apa tuh...gan

    BalasHapus
  4. indahnya dalam berbagi kebaikan, senangnya berbagi copas, salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo tinta pnuh tpi alarm nya ttap bunyi apa pnyebab nya

      Hapus
  5. assalamualaikum mas..
    bagaimana kalau semburan headnya nggk keluar ke 4 nya sama sekali
    sementaa dalam posisi standby
    mesin say zhongye..
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dari kabel fo atau flexynya ada masalah saat transfer data,bisa juga dr encoder sensor yg lemah shg tdk bisa membaca ruster

      Hapus
  6. Mau nanya mas, ada korslet pada salah satu komponen di mainboard, tapi sdh diatasi dan mesin sdh jalan, tp permasalahan lain timbul, yaitu gambar tidak keluar. Gmna ya mas solusinya?
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya piusnya bermarmasalah...dalam komponen main borad terdapat 2 pius...

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Maaf mau tanya mas...
    Mesin saya crystaljet cj3000..., ketika printer baru dinyalakan alarm langsung berbunyi terus.., kalau kabel sub airtank saya cabut, alarm tidak berbunyi lagi, tapi tanki cyan memompa terus tidak berhenti.., sampai tinta memasuki selenoid, padahal saya sudah mengganti sensor level tinta dengan yang baru.., kalau kejadian seperti ini kenapa ya mas...?
    mohon pencerahannya mas.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya, anda salah memasukan colokan kabel selenoid ke menboard atas atau salah masuin kabel pompa tinta ke menboard yang suplay tinta ke Int tank tinta.
      perhatiin dulu code Warna di menbordnya.
      kalau gak diperhatiin alarm akan terus bunyi dan safety int tank tinta akan penuh terus dan membajiri semua selenoid, akan berakibat fatal dapat merusak semua selenoidnya.

      Hapus
  9. assalamualaikum,
    saya riz dari sinergi print, ini saya mau nanya kalo sofware mesin outdoor ada peringatan " the control device don't be drove" itu kendalanya apaa yaa, mohon di respon terima kasih :)

    BalasHapus
  10. Sparepart digital printing ready stock!
    Reseller harga Special.
    Pembelian / Cek harga bisa langsung ke
    http://www.tokopedia.com/zatoparts

    thank you
    Zatoparts

    BalasHapus
  11. petunjuk,,,,mesin sy icontek, mesin ready tapi usb ke print seperti tdk terdeteksi dan printmont yg sy pakai offline,,,biasanya kondisi ini setelah mencabut usb dan memasang kembali biasanya ready...ini malah ga mau lagi ready....kira kira apanya yah bermasalah,,,,,,mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sama masalahnya ngatasinnya gimana yah Gan?

      Hapus
  12. assalamu'alaikum... mesin saya ptp apollo 3204... kendala mesin sering offline.... kemudian yang sekarang terjadi head tidak bisa flasjet (semua head)...padahal converter status flash... software status flashjet... dan sensor ink pump tidak bisa berfungsi... trim atas infonya

    BalasHapus
  13. assalamu'alaikum..saya baru saja beli mesin secon dari kawan bermerk flora lj320k wah udah bermaslah..bingung ne,..masalahnya waktu di hidupin bunyi alrm dan semua ink pump dan air pump tidak berfungsi.padahal cara menguras semua tinta yang terdapat di dalam selenoid dan safety tank sudah saya lakukan...tlong mas apa solusinya??

    BalasHapus
  14. ngan mesin inddor saya rusak parah bisa di bantu teknisi gak ngan . saya gak punya teknisi lagi

    BalasHapus
  15. ngan mesin inddor saya rusak parah bisa di bantu teknisi gak ngan . saya gak punya teknisi lagi

    BalasHapus
  16. ngan mesin inddor saya rusak parah bisa di bantu teknisi gak ngan . saya gak punya teknisi lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas klo boleh tau rusaknya gmna...mati total apa gmna

      Hapus
  17. ngan mesin inddor saya rusak parah bisa di bantu teknisi gak ngan . saya gak punya teknisi lagi

    BalasHapus
  18. ngan mesin inddor saya rusak parah bisa di bantu teknisi gak ngan . saya gak punya teknisi lagi

    BalasHapus
  19. gan mau tanya, kalu saya kloning tinta keluar dari heat hitam cuman setengah cara mengatasi bagai mana gan. salam lemper, jayapura.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Gimana cara mengatasi tinta yang sering bolong2

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman sya mas, coba deh dibuka selang penyalur sekitaran head. buka tutup slang,kmudian pres agar tinta kluar (supaya tdk ada glembung didalam slang)

      Hapus
  22. assalamualaikum..
    kalo tiba tiba muncul bacaan illegal IPT 0E0 (002BC138) itu kenapa yah ?

    BalasHapus
  23. Mohon maaf sebelumnya gan, waktu di clean head, warna tinta masih normal tapi pas saat mencetak warna.y agak memudar, mohon solusinya gan.. terimakasih

    BalasHapus
  24. minta pendapatnya>>> mesin sy icontek>>> sudah 3x ini ganti head bbaru pasti rusak drop>>> hanya di warna biru>>> selenoid sudah sy ganti.. bbord satelit yg kcil di head bord sudah sy ganti... tapi masih saja... minta pentujuknya trim...

    BalasHapus
  25. maaf mas numpang tanya cara ngatasin head keluar garis pada saat pencetakan gimana ya.. intinya tintanya tidak keluar scr maxsimal untuk kondisi ruangan tertutup dan ber AC dan untuk listriknya sendiri menggunakan UPS sudah saya flush cleaning hasilnya tetap sama saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kemungkinan masalah kelistrikan yg tdk stabil, grounding tdk stabil dan ada kebocoran listrik akibat induksi pada jaringan listrik, maka silahkan hub. telp/WA: 082331845796

      Hapus
    2. Misi mau tanya dmna tmpat kursus pelatihan teknisi mesin digital seperti mesin baliho dll.. Info alamt dan nmr jka ada..tnks

      Hapus
  26. Saya mau tanya kenapa pada saat menurunkan bahan tapi tidak mau jalan atau tidak mau turun k Dpn atau kebelakang ' apa masalahnya seperti itu?

    BalasHapus
  27. salam kenal saya mau tayak tentang mesin cristal jet 300 tidak mau jalan pas kita mau cetak

    BalasHapus
  28. Salam om ...klo tiba2 mesinya hidop tpi aplikasi dikomputer terdeteksinya offline.. gmna tlng bagi ilmunya..

    BalasHapus
  29. salam gan ceakan bergaris atasinya gmn ya.mesin laysander out door

    BalasHapus
  30. Maaf gan minta bantuannya.. di mesin mutoh ada pemberitahuan "life times pump" maksudnya apa ya.. terima kasih..

    BalasHapus
  31. SORRY BRO MINTA PETUNJUK. MESINNYA KALAU PERTAMA NYALA MUNCUL ERROR 3201 (IT'S FAIL NOT CONNECT PRINTHEAD, MOHON SOLUSINYA? TRIMS SEBELUMNYA

    BalasHapus
  32. saya basri dari rajaprint mau tanya donk klo print mke fast ko gk mau y v klo slow atau medium bisa itu kenapa ya

    BalasHapus
  33. saya dede hidayat dr AGS print mau tanya cara membersihkan raster strip / encoder strip yg terkena jamur, trims...

    BalasHapus
  34. Buat yang memiliki mesin gongzheng xaar
    Saya ada mesinnya... Kalau btuh spare part bisa kanibal mesin saya..
    Yang tidak ada servo dan head... Semuanya masih ada terima kasih
    Hp 081266462445 wilayah Medan

    BalasHapus
  35. Ass.kalau sapuan pertama dan kedua itu belang akibat apa ya mas,cuma di warna chain aja
    Mohon sedikit bantuan

    BalasHapus
  36. mas paras . saya mau tanya kena motor ini yg biru nyala terus yah.padahal lampu indikator nyala.harusnya kan ga pompa.kendala saya di tinta biru dia trus ngdorong tinta

    BalasHapus
  37. assalamualaikum.. saya perlu bantuannya:
    mesin saya zhongye dx5 lebar 3.2 m.
    saat star normal diposisi home
    motor y normal.tapi motor x nya bila di geser kekiri tidak bisa digeser kekanan...
    mohon solusinya mutiarawarna@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  38. assalamualaikum...bagaimana kalo tiba2 tinta merah dan kuning hilang total udah saya cleaning bebarapa kali jga tidk keluar udah saya sedot jga melalui selang lancar,dampernya jg penuh..mohon solusinya mesin roland vp-540..wieanputra8@gmail.com.
    teriama kasih..

    BalasHapus
  39. mas mau tanya kalo nyetak warna kuningnya selalu ngagin dalam jarak 20cm kira2 apanya ya mas

    BalasHapus
  40. Mau tanya dong admin?? Saya bingun kenapa mesin ujf warna magentanya suka ilang"an terus yah??

    BalasHapus
  41. Banyak banget masalah, jd ragu beli mesin

    BalasHapus
  42. Banyak banget masalah, jd ragu beli mesin

    BalasHapus
  43. knp yea,.. mesin ku sring brgaris pada saat cetak

    BalasHapus
  44. Gan.. Mau tanya ... Kmpter yg untuk menyetel cetakan seperti register dan putran rol tinta tidak mau d aplikasikan ke mz.cetak akibtnya apa

    BalasHapus
  45. gan mesin outdoor saya INFINITI saya butuh pin roller nya agan punya gk dan berapa harga 1pcs nya?

    BalasHapus
  46. kalok masalah tinta . pada saat semburan pertama sampai ke2 itu bagus nah pas semburan ke3 sampaik ke4 itu sudah mulai tintanya jarang keluar. kira"apa penyebabnya ??

    BalasHapus
  47. tinta cyan waktu di test nozzle masih saja ada yang bolong-bolong, padahal udah saya cleaning sehingga saat mencetak kelihatan garis-garisnya, tolong pencerahannya gan

    BalasHapus
  48. aduh si boss sibuk teruss yaa..

    BalasHapus
  49. error code 4002000c head board step 1 solusinya gmna

    BalasHapus
  50. mesin roland RA 640 ku dampernya sering rusak gan kira2 apa penyebabnya ya

    BalasHapus
  51. Mas.mau tanya. Ini mesin aku klo mau clean sm rolling kertas itu lama banget. Itu knp yah?

    BalasHapus
  52. Mau tanya mas:
    Mesin ane marginnya gak pas.
    Selisih sama angka yg tertera pada kolam margin. Gmana solusinya.?
    Makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya bang danil ambon, dia masternya mesin printing

      Hapus
  53. mau tanya pa.. mesin saya mereknya infiniti, tidak mau mengeluarkan tinta & lampu indikatornya nyala terus, sebelumnya kalo lagi jalan normal,, lampu indikatornya berkedip aja ..

    BalasHapus
  54. Met malem para master...mau Tanya nii...printer sy sering nabrak ketika pas lagi ngprint ,,lgi enak2 ngprint tiba2 nabrak lagi..Dan tidak visa do lanjut,,mesin harus do matikan nyalain lagi,,baru visa ngeprint lg...tp kdng selang beberapa men it klo ngeprin lg nabrak lagi..sensor sudah do beraihkan,,film sdh di ganti baru....mohon pencerahan para master

    BalasHapus
  55. mau tanya gan.. klo mesin saat proses print tiba2 keluar garis seperti tes draw selebar kertasnya terus menerus kira2 knp ya gan?

    BalasHapus
  56. gan bisa bantu servis mesin saya. ada 3 biji da 2 taon gak jalan. tolong gmn hub.bapak. ini nmr wa saya 085252501538

    BalasHapus
  57. Gan mau tanyak mesin saya merek flora l320..sering bermasalah kalo lagi nyetak tinta biru keluar dri huruf..kekiri dan kekana..gimna solusi nya gan

    BalasHapus
  58. mau tanya boss.. mesin infinity tipe 3278n tiba-tiba mati pada saat proses cetak berjalan mohon solusinya terima kasi

    BalasHapus
  59. jika kemungkinan disebabkan masalah kelistrikan yg tdk stabil, grounding tdk stabil dan ada kebocoran listrik akibat induksi pada jaringan listrik, maka silahkan hub. telp/WA: 082331845796

    BalasHapus
  60. Mau tanya om, jika mesin indoor tiba tiba terjadi paus

    Baagaimn penangananya
    Apakah ada life time nya

    Trimakasih

    BalasHapus
  61. maaf om mw tanay klo head sering mampet klo pas naik cetak kenapa yh om.?? trims

    BalasHapus
  62. assalamu'alaikum mas ....
    mau tanya mas ,, gmn cara benerin rol pemuter bahan yg otomatisnya gak jalan???

    BalasHapus
  63. ass...
    mau tanya mas ... gimana cara penangan nya mesin allwin outdoor k3208 42pl dengan sofware honest ...
    mesin saya trouble nya pada saat di hidupkan status sofware sucses smua tpi pada saat perintah print dia tidk mau balik kekiri maunya kekanan terus lalu head saya geser kekiri dari sofware tidak mau itu kenapa ya mas ...

    note : penanganan yg sdh sy lakukan
    1. saya sdh cba ganti carriage board mash tdk bisa
    2. ganti fiber optic msh sama tdk bsa
    3. ganti encorder strip sensor dan raster film jga sama tdk bsa jga
    4. ganti board jga sama mash tdk bsa
    5. install ulang sofware di configurasi ulang msh jga blm bisa
    6. ganti microswitcnya jga sama masih tdk bsa.

    mohon dikasih solusi nya mas ...

    terima kasih
    salam dari dicky teknisi kps jakrta

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak,, masalahnya kok sama ya ,,sama punya saya,apakah sekarang mesinnya sudah jalan,,minta solusinya pak...

      Hapus
  64. Permisi mau numpang tanya.
    Kalau head tiba2 berhenti itu karna apa yah ?
    Lgi mencetak tiba2 berhenti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ada balasan untuk masalah ini , karena mesin saya juga mengalami masalah yang sama , terima kasih

      Hapus
  65. Kalau tinta biru tiba2 ngilang kalau semetara printing itu gimana yah ?
    Kalau di cleaning bagus2 aja. Mohon solusinya Pak

    BalasHapus
  66. gan gmina ya cara mengatasi tinta hitam dan biru tidak mau keluar

    BalasHapus
  67. gan apa ya yg error ketika feedback pulse nya gak jalan... sedangkan sand pulsanya jalan.... kabel triling sdh pasang cabut berapa kali namun tidak ada perubahan, mohon petunjuknya ya bos?

    BalasHapus
  68. pagi gan
    mau konsul mesin digital outdoor

    BalasHapus
  69. Cara konek mesin ke komputer gmana Om??

    BalasHapus
  70. Assalamu'alaykum min, Punya Setingan Servo Drive Merk ESTUN untuk mesin CrystalJet CJ 4000?
    Setingannya lari krna di utak atik, jd motor terus gerak kekiri (yg seharusnya kekanan sampai home basenya berhenti).
    Mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  71. Agan mohon pencerahan nya, mesin phaeton UD 320, kenapa ya hasil cetak nya zigzag, saya udah coba ganti kabel optik, long kabel, dan sensor, ada kemungkinan kerusakan pada PCI nya, mohon pencerahan sob, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya ada kemungkin kerusakan pada PCI nya tidak ya

      Hapus
  72. Mohon pentunjuk mas. Saya punya mesin merk Starjet. Saat dinyalakan penggerak maju mundur vynilnya kok muter cepat banget dengan bunyi yg nyaring. Mohon bantuan solusi mas. Trims

    BalasHapus
  73. mf mas,sy pake ph dx5 awal awal bagus lalu head clean warba cyan dn kuning jd bergaris,trs msn ofline

    BalasHapus
  74. saat msn ofline semua jalur tinta di kuras dan di ganti pake air minum,lalu di operasikan,apa tidak akn rusak trhdp msn n head printnya? trmksh

    BalasHapus
  75. Asslamu'alaikum, saya punya head seiko, kalo percing lambat, kalo testprint bagus, tapi kalo buat test baru jalan bagus tapi lama-lama warna menghilang

    BalasHapus
  76. kalau ukuran berubah setelah di cetak,itu kenapa ya pak...?

    mohon bantuan ya pak..

    BalasHapus
  77. Permisi, saya anugrah saya mau tnyak kalau penyimpan arus itu gk bisa hidup, kalau hidup trus mati itu knapa ya

    BalasHapus
  78. Bagaimana kalo sering sering di sofware tidak connect ke mesin...harus bagaimana

    BalasHapus
  79. di intal ulang sofwarenya aj.......restart komputer baru mesin hidupkan gtu broewwwww agung

    BalasHapus
  80. Knpa mesin saya tintanya gak mau naik apa yg harus d lakukan sedangkan tinta baru di ganti

    BalasHapus
  81. Pak saya mau tanya,kalau di dumper nya ada tinta dan di cleaning juga baik,tapi pas mau cetak nya kosong itu penyebab nya apa pak?

    BalasHapus
  82. Mohon informasinya utk mesin error code:152 itu maksudnya apa ya?
    terimakasih

    BalasHapus
  83. bg mau nnyak mesin sya rusak pada sensor y bg udah di ganti baru pun juga berbayang di cetak ap solusinya bg

    BalasHapus
  84. Bagaimana cara mengatasi tintah kuning sma merah punya gw konica susah bner kalo cetaak yang wrna merah atau kuning ribet . Bentaar doang abis dbrsihin pling2 3 smpa 5 sapuan psti tintah ny gk kluar lgi.. cape jdi ny

    BalasHapus
  85. bos saya pakai infinity head 35pl
    yg warna hitam tidan mau ngembun kira kira kanapa ya yg lain nornmal

    BalasHapus
  86. Mas kalau print valve belum di perintah jalan terus kenapa ya . Trims

    BalasHapus
  87. Mas mau tnyak ni mesin kami flora lj320p 15 pl lagi ngeprint tiba² tinta nge drop bergantian, apa kenda lanya mas monhon bantuan nya mas

    BalasHapus
  88. Gan mesin klo lgi ngeprint tiba2 lampu merahnya nyala terus hasil gambarnya jelek.apa masalanya gan

    BalasHapus
  89. Gan mesin saya konica km 512i kok bunyi tit tit kepana ya?

    BalasHapus
  90. min kalo masalah ukuran cetakan yg berubah bagimana ?
    saya print banner sambungan (dengan ukuran potongan 200x1100 cm)
    tapi setelah di cetak dengan settingan yg sama, bahan yg sama dan waktu yg sama ternyata ukuran berubah..utk bagian atas berkurang 1 cm dari ukuran asli,sedangkan bagian bawah bertambah 2 cm dari ukuran asli,,jadi selisih kedua potongan adalah 3 cm
    dimana letak permasalahannya ? Note:resolusi keduanya sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga gitu bang.saya cetak ukuran 3x1. Terus pas udah di cetak ukuran nya beda?

      Hapus
    2. Kalo pake maintop : page setup nya di lebih kan 10mm bro, kalo ukuran msh beda coba cek ulang lg file nya udah ok atau blm settingan nya

      Hapus
  91. mohon pencerahannya. mesin saya memakai sensor otomatis untuk membuka bahan. bahan flexy banner sering lengket gak mau kebuka sampai kemudian malah kegulung kebalik ..dan akhirnya hasil cetakan numpuk-numpuk.sudah diberi beban berupa pipa paralon pvc tetap saja lengket, jika beban ditambahi lagi hasil cetakan malah mbanding seperti numpuk garis garis kecil. karena mungkin roller gak kuat narik.
    ada yang pernah mengalami ?
    gimana solusinya ?
    terimakasih respon dan sarannya

    BalasHapus
  92. allwin c4 gak keluar sama sekali tintanya. apa solusinya gan

    BalasHapus
  93. bos mau tanya.. head saya tidak mau ngeflash.. padahal head baru kenapa ya?

    BalasHapus
  94. Muncul error E560 encoder+fiber optic problem apa ya

    BalasHapus
  95. Muncul error E560 encoder+fiber optic problem apa ya

    BalasHapus
  96. Bang aku nanya dong, mesin saya pas nyetak warna merahnya dia bergatis, tapi pas cek noozlenya aman gak ada yg bolong. Itu masalahnya di mana?

    BalasHapus
  97. Saya mau tanya soal tinta yang tidak keluar seperti yang lain, pas dicetak gak muncul sama sekali. Tapi kalo saya clean keluar dengan lancar ?? mohon bantuannya :(

    BalasHapus
  98. Saya mau tanya , jepitan roll bahan tidak mau jalan atau turun ke bawah . Dia cuma stalk atau diam sajah

    BalasHapus
  99. Mesin saya merk mimaki JV33 160 pas di nyalain langsung eror 202, itu kenapa yah? gimana solusinya?

    BalasHapus
  100. Mau tanya ni gan klo kode eror 123 untuk mesin konica solusinya gmna?

    BalasHapus
  101. Assalamualaikum Gan mohon infonya klo vakum mati mesin gk bisa jalan/susah jalan seperti loncat" headnya klo vakum nyala baru jalan normal mohon solusinya Mesin Infiniti 4head

    BalasHapus
  102. Assalamualaikum mhon info nya kalok mainboard mesin gongzeng 10 pl kenak kencing tikus, dan tinta warna kuning tidak mau keluar, apakah harus ganti mainboard atau bisa di perbaiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersihkan board nya dgn tiner jangan sampai ada sampah kecil yg tersisa, cek jg solenoid n ink pump kalo rusak lembiru(lempar ganti baru)

      Hapus
  103. Assalamualaikum
    Mau tanyak gan. Mesin saya mesin xenon. Kenapa kalo selesai nyetak posisi head tidak bisa rata dengan semestinya ia.

    BalasHapus
  104. Mengapa digital printing saya suka tiba tiba diem di tengah tengah, terus di komputernya ada bacaan retry

    Nah klo udh di klik retry, langsung jalan lagi seerti biasa, tapi warnanya mala menimpah

    BalasHapus
  105. Maaf pak mau nanya kalaw roda motor nya gak jalan sebab karma apa yah

    BalasHapus
  106. Mohon pencerahan...Pada saat standby Suhu normal (27-28),,TAPI pada saat jalan print SUHU drop ke 10....

    BalasHapus
  107. Mau nanya kak.. Saya kan lagi nyetak ni.. Mesin nya lagi berjalan ni.. Tpi tiba2 dikomputer offline dan mesin head ny mundur kblkang.. Itu knpa ya kak

    BalasHapus
  108. kalau head tetap di kanan ga mau ke kiri saat mau nyalain pertama kali, dikarenakan apa ya?

    BalasHapus
  109. mas, saya mau tanya ketika mesin dinyalakan lalu mucul tulisan close cover, cara menanganinya bagaimana? trmakasih..

    BalasHapus
  110. Bang, problemnya dinomor 11, cara mengatasinya gimana ????

    BalasHapus
  111. Mesin cetak saya lebih dribukuran yang dibuat knp b.
    Misalnya klo cetak 4mx1m..jdi nya 420cm knp bisa bgitu b.tolg jlaskan ya bang

    BalasHapus
  112. kalo mesin nya ga kebaca di PC ( Printmoon), apa ya gan.. mohon penverahan

    BalasHapus
  113. Gan mau tanya, mesin saya kalau pertama tinta keluar terus hilang sendiri gimana solusi nya

    BalasHapus
  114. maaf gan mau tanya..mesin sya roland ra640...klo mesin baru di hidupkan..keluar tulisan time for felt replace....mhn arahannya gan,,,klo bs share gambarnya yg mn felt itu...thx...

    BalasHapus
  115. Mau tanya min.. Mesin saya merek TIMES T5.. Saat cleaning head yg warna merah terlalu lama bunyi alarmnya..sdangkan warna yg lain gak lama bunyinya dah berhenti dan bisa di clean lagi.

    BalasHapus
  116. ASSALAAMUALAIKUM MAS INI HEADNYA KOK NGADAT YA NGANJUK2 GITU KIRA KIRA MASALAHNYA APA YA?

    BalasHapus
  117. mau tnya mas jika di print head status ada salah satu tinta kurang lengkap wrnanya kenapa ya mas yg lain lengkap bagus ada yg salah satu tinta kurang lengkap wrna knpa ya

    BalasHapus
  118. Maaf mau tanya jika di layar mesin ROLAND RS-640 muncul tulisan motor error itu knp yaa??

    BalasHapus
  119. maaf mau nanyak mas, gmna cara mengatasi cetakan yang kadang"
    miring saat di cetak??

    BalasHapus
  120. Tanya mas..
    Mesin saya phaeton ud3208 pas waktu ngeprin jalan tiba2 tintanya gak mau keluar,stelah itu saya stop dan sayafurging.. tp pas furging tintanya gak mau keluar juga.. dan slonoidnya gak bunyi juga..
    Apa masalah nya t mas..
    Mohon bantuannya mas

    BalasHapus
  121. Hallo gan hasil cetak outdoor sy sering selisih uk vertikal.. cetak 4mter tp hasilnya sering kurang 2 smpai 3 cm.. cara atasinya gimana ya suhu.. tlg pencerahan

    BalasHapus
  122. Mau tanya mas mesin saya kok gak konek ya
    Keterangan di laptop sih suruh cek kabel and power

    BalasHapus
  123. misi,,, mau tanya mas, sy pengguna mesin mimaki jv33-160, saat ini kendalanya saat saklar dihidupkan display mati total dan tidak bisa dioperasikan sama sekali, mohon informasinya, makasih :)

    BalasHapus
  124. Maaf mau tanyak bos masalah angin ngak bisa di stel, mohon arahan nya bos

    BalasHapus
  125. Maaf pak saya mau nanya kenapa sensor motor mesin indoor gak jalan nya dilayar ada kata cap error sensor motor error dll

    BalasHapus
  126. Maaf pak saya ingin tanya cara memperbaiki masalah printhead voltage exception

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama pa. Saya juga alami masalah yang sama

      Hapus
  127. Maaf pak saya ingin tanya cara memperbaiki masalah printhead voltage exception

    BalasHapus
  128. gan mesin aku minta service main board nya bisa kah..mati kena petir...awalnya ..
    gimana solusinya mhon petunjuknya

    BalasHapus
  129. Di sini ada nmer yg bisa di hubungi buat tanya" tntang troble mesin outdor konica 512i
    Soalnya ini mesin saya pas jalan nyetak bunyi tit lalu hasil printnya jdi rusak gk beraturan.... Kira" apanya yaa suhu???

    BalasHapus
  130. mas mautanya2,
    kita punya mesin icontek head seiko,
    jdi yang mau saya tanya mas, ada satu kendala, kita siap ganti slenoid baru dan setelah di ganti dan kita tes klining eh malah tinta keluar terus....
    kenapa tu mas..??

    BalasHapus
  131. ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack

    PROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.

    MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!

    ☞ DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
    ☞ Yamaha Aerox 155 VVA R-Version ( Senilai Rp.25.340.000,- )
    ☞ ACER PREDATOR Nitro 5 AN515-52 ( Senilai Rp.11.699.000,- )
    ☞ Free Chips 1.500.000
    ☞ Free Chips 1.000.000
    ☞ Free Chips 250.000

    SYARAT DAN KETENTUAN : KLIK DISINI

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    => Bonus Cashback 0.3%
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
    => Bonus New Member 10%
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)


    Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
    Pusat Bantuan ituDewa

    Facebook : ituDewa Club
    Line: ituDewa
    WeChat : OfficialituDewa
    Telp / WA : +85561809401
    Livechat : ituDewa Livechat

    BalasHapus
  132. Yg butuh head cristaljet ada sama saya...4 buah...untuk lebih lanjut japri 082278602323
    Silahkan harga corona bosqu

    BalasHapus
  133. Maaf Mau tanya gan.. 1. Kenapa mesin (contoh) cetak tulisan warna hitam diujung2 tulisannya ada warna biru sedangkan diwarna lain tdk? 2. Warna yg saya cetak Hitam tp jadinya hijau tua.. Kira2 solusinya bgm? Trims sebelumnya

    BalasHapus
  134. Mau tanyak om, mesin saya flora, kenapa waktu di imfrem angin nya lambat balek, padahal baru ganti ink pum, dan selang nya juga baru ganti, mohon arahan nya om,

    BalasHapus
  135. L300 dipindah tempat tibactiba tiba tiba buat cetak tinta sama sekali tidak keluar.head clarning normal tinta keluar di nozzle sama sekali tinta tidak keluar aganya yg rusak.

    BalasHapus
  136. Selamat Sore, saya ada kendala XOrigin untuk mesin thunderjet mendekati posisi akhir, biasanya posisinya 0, setelah ganti sensor encoder posisinya jadi 167,... kesalahannya dimana ya, jika berkenan diberikan cara mengatasinya..
    Terimakasih

    BalasHapus
  137. Assalamualaikum. Knp hasil cetakan saya tiba tiba tinta nya nesot bagian awal cetak. Sekarang gak mau nge plash tintanya .. jadi klu cetak hanya garis saja. Mohon solusinya terimakasih

    BalasHapus
  138. Assalmualaikum.
    Numpang nanya. Kenapa mesin saya kalo buat nyetak warna Biru hasil cetakan jadi biru keunguan, tapi kalo nyetak warna cyan hasilnya normal?
    gimana yah solusinya?

    BalasHapus
  139. Ass.kum mas
    Saya mau tanya kalau marginnya enggak befungai tu dimna kendalanya mas
    Soalnya mangin udah di ganti 220 tpi cetakanya msh margin 130 enggak beruba

    BalasHapus
  140. Setelah buang tinta ko tiba2 bunyi trus kaya alarm gitu apa penyebab nya yah gan mohon pencerahan nya terimakasih

    BalasHapus
  141. Permisi mas,kalau punya vidio tuturial pasang encoder strip mesin digital printing pz maxima konica minolta 35pl bisa minta kirim dong,terimakasih

    BalasHapus
  142. masalah printhead voltage exception error itu kenapa ?

    BalasHapus
  143. mau tanya gan .. kalau mesin 30pl di pasang 42pl bisa ga ya ...

    BalasHapus
  144. Maaf mau naya? mesin sya merk Flora waktu nyetak tidak bisa keluar warna tapi waktu nge home dia tetap marching

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama bang yg saya alami juga begitu sekarang

      Hapus
  145. Maaf gi mana mengatasi encoder eror
    "System Can't detect the signal of carriage posistion encoder in reset action£ failed to reset"
    Mohon solusinya

    BalasHapus
  146. Mesin mutoh saya bunyi terus..tapi tidak ada tulisa apa²..dan gak bisa jalan ..gmn ya?

    BalasHapus
  147. gan cetak banner sambungan , kedua sisinya ukurannya selisih, padahal ukuran banner sama
    dan cara sambungnya bagaimana agar pas

    BalasHapus
  148. Mau tannya mas
    Gimana mengatasi mesin taimesT5_KM512_42pl
    Cetakan warna merah gak sesuai sama aslinya berubah jadi warna orangi taking solusinya mas🙏

    BalasHapus
  149. Mas mau nanya, punya saya mesin Roland
    Kenapa kalo cleaning tidak keluar tinta. saya sudah baca semuanya dan ikuti perintahnya tapi Masih gak bisa, Tolong mas solusinya��

    BalasHapus
  150. gan mau tanya klo cetakanya lama lama mundur itu masalahnya dimana ya? dy ter mencetak berhenti di area settingan , tp lari lari cetakanya

    BalasHapus
  151. pak mau tanya,klo semntara melakuka cetakan terus head berhenti mendadak di tengah.

    BalasHapus
  152. Warna biru membias itu gmn ya mas ?

    BalasHapus
  153. Mesin printer sublime dengan head DX5 hasil warna biru selalu mebias pada hasil object nya itu kenapa ya mas?

    BalasHapus
  154. Asssalamualaikum...
    Mau nanya mas, saya menggunakan mesin konica, lagi nyetak keluar tulisan "falta error in CExFile::read, lalu mesin brenti di tengah, kira2 masalahNa apa mas? mohon petunjukNa mas...

    BalasHapus
  155. Assalamualaikum wr.wb
    Izin bertanya mas

    Klo hasil print'n ada spray'n tipis" gitu warna cyan dipinggir" objek print kenapa yaa ?

    BalasHapus
  156. Izin info Kak
    Kalau error 0020004 knp itu? Trmks.

    BalasHapus
  157. Assalamualaikum wr.wb
    Izin bertanya min...
    Bagaimana cara mengatasi bahan spanduk yang bertepung atau berpowder??

    BalasHapus
  158. Postingan udh lama, semoga aja masih aktif. Bagi jo.wa gan

    BalasHapus